SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C,H dan O)
· Kekhasan atom
karbon.
· Atom C primer,
sekunder , tertier, dan kuarterner.
· Struktur Alkana, alkena dan alkuna
· Isomer
·
Sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
· Reaksi senyawa hidrokarbon
· Minyak bumi
·
fraksi minyak bumi
·
mutu bensin
· Dampak pembakaran bahan bakar dan cara
mengatasinya
· Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengamati(Observing)
· Mengkaji
dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
· Mengamati
demonstrasi pembakaran senyawa karbon (contoh pemanasan gula).
Menanya(Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak
sekali terdapat di alam?
· Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon?
· Bagaimana cara memberi nama senyawa hidrokarbon?
· Mengajukan
pertanyaan senyawa apa yang dihasilkan pada reaksi pembakaran senyawa karbon?
· Dari unsur apa senyawa tersebut tersusun?
· Bagaimana
reaksinya?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa
karbon berdasarkan hasil pengamatan
·
Menentukan kekhasan atom karbon
·
Menganalisis
jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat dari rantai atom karbon (atom C primer, sekunder ,
tertier, dan kuarterner)
· Menentukan
rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan
analisis rumus strukturnya
· Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
· Mendiskusikan
pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi,
geometri)
· Memprediksi
isomer dari senyawa hidrokarbon
· Menganalisis
reaksi senyawa hidrokarbon
Mengasosiasi(Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna
dengan sifat fisiknya
·
Berlatih membuat isomer senyawa karbon
· Berlatih
menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing)
·
Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimaktentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
komponen-komponen
utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana
terbentuknya minyak bumi dan gas alam, cara pemisahan (fraksi minyak bumi), bagaimana meningkatkan mutu bensin, apa dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam
Mengumpulkan
data (Eksperimenting)
·
Mengumpulkan informasi dampak
pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengasosiasi
(Associating)
·
Menjelaskan proses penyulingan bertingkat dalam bagan fraksi destilasi bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi
·
Membedakan kualitas bensin berdasarkan
bilangan oktannya.
· Mendiskusikan
dampak pembakaran hidrokarbon terhadap
lingkungan dan kesehatan serta cara
mengatasinya
· Mendiskusikan
bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang.
proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
komponen-komponen
utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon
terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas
·
Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi, bahan bakar alternatif selain dari
minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta
mempresentasikan
Observasi
·
Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan
percobaan dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Laporan hasil
identifikasi atom C,H dan O dalam sampel
·
Hasil rangkuman
Tes tertulis uraian menganalisis :
· Kekhasan atom
karbon.
· Atom C primer,
sekunder, tertier, dan kuarterner.
· Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
· Isomer
· Pemahaman reaksi senyawa karbon
· Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi
dan gas alam.
|
3 mgg x 4 jp
|
· Buku kimia
· Lembar kerja
· molymod
· Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
|
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia
berupa minyak bumi, batubara dan gas
alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat
dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuatkeputusan
|
|||||
3.1
Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
3.2
Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak
bumi serta kegunaannya.
|
|||||
3.3
Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan
dan kesehatan serta cara mengatasinya.
|
|||||
4.1
Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan
atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
|||||
4.2
Menyajikan
hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi beserta kegunaannya.
|
|||||
4.3 Menyajikan
hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
|
|||||
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, lajureaksi, kesetimbangan kimia,
larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME
dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
· Perubahan entalpi reaksi
-
Kalorimeter
-
Hukum Hess
-
Energi ikatan
|
Mengamati (Observing)
· Menggali
informasi dengan cara membaca/ mendengar/mengamati/sistem dan lingkungan, perubahan
suhu, kalor yang dihasilkan pada
pembakaran bahan bakar, dan dampak pembakaran tidak sempurna dari berbagai
bahan bakar
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan:
reaksi eksoterm dan endoterm dalam
kehidupan sehari-hari, bagaimana
menentukan perubahan entalpi reaksi
Mengumpulkan data
(Eksperimenting)
· Mendiskusikan
pengertian sistem dan lingkungan
· Mendiskusikan
macam-macam perubahan entalpi
· Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan
- Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
- Penentuan Perubahan Entalpi dengan
Kalorimeter
-
Penentuan Kalor Pembakaran Bahan Bakar
· Melakukan percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm; penentuan perubahan entalpi dengan Kalorimeter
dan penentuan kalor pembakaran bahan bakar
· Mengamati dan
mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan
diagram tingkat
· Mengolah
data untuk menentukan harga perubahan entalpi (azas Black)
· Membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna
dengan pembakaran tidak sempurna melalui perhitungan
· Menghubungkan
perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
·
Menghitung perubahan entalpi
berdasarkan hukum Hess dan energi
ikatan
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
·
Mempresentasikan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan reaksi eksoterm, reaksi endoterm dan
mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
· Merancang percobaan penentuan perubahan entalpi
dengan Kalorimeter dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
·
Merancang percobaan kalor pembakaran bahan bakar
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Pemahaman
reaksi eksoterm dan
reaksi endoterm
· Membuat diagram siklus dan diagram tingkat berdasarkan
data
· Menentukan perubahan entalpi (
H) reaksi
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
1.2 Mensyukuri
kekayaan alam Indonesia berupa minyak
bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai
anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran,
cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.4
Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.
|
|||||
3.5
Menentukan DH
reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar,
dan data energi ikatan.
|
|||||
4.4
Merancang, melakukan, menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
|
|||||
4.5
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
|
|||||
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Teori tumbukan
· Faktor-faktor penentu laju reaksi
· Orde reaksi dan
persamaan laju reaksi
|
Mengamati (Observing)
·
Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang
berjalan sangat cepat dan reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh petasan, perkaratan (korosi)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi
yang cepat
Mengumpulkan data
(Eksperimenting)
· Mendiskusikan pengertian laju reaksi
· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
· Merancang dan
mempresentasikan hasil rancangan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) untuk menyamakan persepsi
· Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi.
·
Mengamati dan
mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
· Mengolah data untuk
membuat grafik laju reaksi
· Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
· Mengolah dan menganalisis data hasil
percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·
Menghubungkan faktor katalis dengan pengaruh katalis yang
ada dalam industri
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
· Mempresentasikan hasil percobaandengan menggunakan tata bahasa yang
benar.
|
Tugas
· Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi
Observasi
· Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi,
misalnya: melihat skala volume
dan suhu, cara menggunakan pipet, cara
menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab, dan peduli lingkungan, dsb)
Portofolio
· Laporan percobaan
Tes tertulis uraian
· Menganalsis data
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
· Membuat grafik laju
reaksi berdasarkan data
· menganalisis
data hasil percobaan untuk menentukan
orde reaksi dan persamaan laju reaksi
|
3 mgg x 4 jp
|
-
Buku kimia kelas XI
-
Lembar kerja
-
Berbagai sumber lainnya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,
disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran,
cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber
daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsifdan
pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.6
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan
reaksi kimia.
|
|||||
3.7 Menganalisis
faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data
hasil percobaan.
|
|||||
4.6 Menyajikan
hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi
kimia.
|
|||||
4.7
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan
hasil percobaan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar