Sabtu, 29 November 2014

SILABUS KIMIA KELAS XI BY ANITA



SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : XI
Kompetensi Inti
KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

·  Senyawa hidrokarbon (Identifikasi atom C,H dan O)
·  Kekhasan atom karbon.
·  Atom C primer, sekunder , tertier, dan kuarterner.
·  Struktur Alkana, alkena dan alkuna
·  Isomer
·  Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
·  Reaksi senyawa hidrokarbon




























·     Minyak bumi
·      fraksi minyak bumi
·      mutu bensin
·     Dampak pembakaran bahan bakar dan cara mengatasinya
·   Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati(Observing) 
·     Mengkaji dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
·     Mengamati demonstrasi pembakaran senyawa karbon (contoh pemanasan gula).

Menanya(Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak sekali terdapat di alam?
·     Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon?
·     Bagaimana cara memberi nama senyawa hidrokarbon?
·     Mengajukan pertanyaan senyawa apa yang dihasilkan pada reaksi pembakaran senyawa karbon?
·     Dari unsur apa senyawa tersebut tersusun?
·     Bagaimana reaksinya?

Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Menganalisis senyawa yang terjadi pada pembakaran senyawa karbon berdasarkan hasil pengamatan
·     Menentukan kekhasan atom karbon
·     Menganalisis jenis  atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat  dari rantai atom karbon (atom C primer, sekunder , tertier, dan kuarterner)
·     Menentukan rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus strukturnya
·     Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
·     Mendiskusikan pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi, geometri)
·     Memprediksi isomer dari senyawa hidrokarbon
·     Menganalisis reaksi senyawa hidrokarbon

Mengasosiasi(Associating)
·      Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna dengan sifat fisiknya
·      Berlatih membuat isomer senyawa karbon
·      Berlatih menuliskan reaksi senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengamati (Observing) 
·      Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/menyimaktentang, proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
      komponen-komponen utama penyusun minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana terbentuknya minyak bumi dan gas alam, cara pemisahan (fraksi minyak bumi), bagaimana meningkatkan mutu bensin, apa dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam

Mengumpulkan data  (Eksperimenting)
·     Mengumpulkan informasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.
Mengasosiasi (Associating)
·      Menjelaskan proses penyulingan bertingkat dalam bagan fraksi destilasi bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi
·      Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
·      Mendiskusikan dampak pembakaran hidrokarbon  terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
·      Mendiskusikan bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam

Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang.
     proses pembentukan minyak bumi dan gas alam,
     komponen-komponen utama penyusun minyak   bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Tugas
·     Membuat bahan presentasi tentang minyak bumi, bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam dalam kerja kelompok serta mempresentasikan

Observasi
·     Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
·     Laporan hasil
     identifikasi atom C,H dan O dalam sampel
·     Hasil rangkuman

Tes tertulis uraian menganalisis :
·     Kekhasan atom karbon.
·     Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
·     Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
·     Isomer
·     Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
·     Pemahaman reaksi senyawa karbon
·     Mengevaluasi dampak pembakaran minyak bumi dan gas alam.





3 mgg x 4 jp



·      Buku kimia
·      Lembar kerja
·      molymod
·      Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya

1.2   Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan

3.1      Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.

3.2      Memahami proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
3.3      Mengevaluasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya.
4.1      Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.

4.2      Menyajikan hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.

4.3      Menyajikan hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.

1.1      Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, lajureaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·   Reaksi eksoterm dan  reaksi endoterm
·   Perubahan entalpi reaksi
-   Kalorimeter
-   Hukum Hess
-   Energi ikatan

































Mengamati (Observing) 
·      Menggali informasi dengan cara membaca/ mendengar/mengamati/sistem dan lingkungan, perubahan suhu,   kalor yang dihasilkan pada pembakaran bahan bakar, dan dampak pembakaran tidak sempurna dari berbagai bahan bakar

Menanya (Questioning)
·      Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan:
      reaksi  eksoterm dan endoterm dalam
      kehidupan sehari-hari, bagaimana menentukan perubahan entalpi  reaksi

Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Mendiskusikan pengertian sistem dan lingkungan
·     Mendiskusikan macam-macam perubahan entalpi
·     Merancang dan mempresentasikan rancangan percobaan
-  Reaksi Eksoterm dan Reaksi Endoterm
     -  Penentuan Perubahan Entalpi dengan
Kalorimeter
-   Penentuan Kalor Pembakaran Bahan Bakar 
·     Melakukan percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm; penentuan perubahan entalpi dengan Kalorimeter dan penentuan kalor pembakaran bahan bakar
·     Mengamati  dan mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·     Menganalisis data untuk membuat diagram siklus dan diagram tingkat
·     Mengolah data untuk menentukan harga perubahan entalpi (azas Black)
·     Membandingkan perubahan entalpi pembakaran sempurna dengan pembakaran tidak sempurna melalui perhitungan
·     Menghubungkan perubahan entalpi reaksi dengan energi ikatan
·     Menghitung perubahan entalpi berdasarkan  hukum Hess dan energi ikatan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mempresentasikan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Tugas
·     Merancang percobaan reaksi eksoterm, reaksi endoterm dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
·     Merancang percobaan penentuan perubahan entalpi dengan Kalorimeter dan mengkaitkannya dengan peristiwa sehari-hari
·     Merancang percobaan kalor pembakaran bahan bakar
Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Pemahaman reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
·     Membuat diagram siklus dan diagram tingkat berdasarkan data
·     Menentukan perubahan entalpi ( H) reaksi

3 mgg x 4 jp








































-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya




































1.2   Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.4      Membedakan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm berdasarkan hasil percobaan dan diagram tingkat energi.

3.5      Menentukan DH reaksi berdasarkan hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.

4.4      Merancang, melakukan, menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
4.5      Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan penentuan DH suatu reaksi.
1.1   Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·  Teori tumbukan
·  Faktor-faktor penentu laju reaksi
·  Orde reaksi dan
   persamaan laju reaksi
Mengamati (Observing) 
·     Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati reaksi yang berjalan sangat cepat dan reaksi yang berjalan sangat lambat, contoh  petasan, perkaratan (korosi)
Menanya (Questioning)
·     Mengajukan pertanyaan terkait hasil observasi mengapa ada reaksi yang lambat dan reaksi yang cepat
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·     Mendiskusikan pengertian laju reaksi
·     Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Merancang dan mempresentasikan hasil rancangan  faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (ukuran, konsentrasi, suhu dan katalis) untuk menyamakan persepsi
·     Melakukan percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
Mengasosiasi  (Associating)
·     Mengolah data untuk membuat grafik laju reaksi
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·     Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
·     Menghubungkan faktor katalis dengan pengaruh katalis yang ada dalam industri
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Membuat laporan hasil percobaan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
·     Mempresentasikan hasil percobaandengan menggunakan tata bahasa yang benar.

Tugas
·     Merancang percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume
      dan suhu, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, tanggungjawab,  dan peduli lingkungan, dsb)

Portofolio
·     Laporan percobaan

Tes tertulis uraian
·     Menganalsis data hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·     Membuat grafik laju reaksi berdasarkan data
·     menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksi
3 mgg x 4 jp
























-    Buku kimia kelas XI
-    Lembar kerja
-    Berbagai sumber lainnya





















2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2      Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3      Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.6      Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
3.7      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan.
4.6      Menyajikan hasil pemahaman terhadap teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
4.7      Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar